DEWASA ini,
tingkat stratifikasi sosial tengah menghadapi persaingan yang sangat ketat,
khususnya di bidang sumber daya manusia (SDM). Tingkat persaingan SDM agaknya
tidak dapat dinafikan dari hadapan dunia pendidikan. Untuk itu, upaya
profesionalisasi guru merupakan salah satu langkah strategis-inovatif yang
harus segera dibenahi bagi dunia pendidikan guna meningkatkan kualifikasi para
lulusannya.
Kaitan dengan tersebut diatas
Kelompok Kerja Guru ( KKG ) Kecamatan Gunung jati Kabupaten Cirebon pada
pertemuan KKKS ( Kelompok Kerja Kerja Kepala Sekolah ) , diterangkan oleh
Mifhtakul Mizan, S.Pd selaku Pengawas TK/SD
Kecamatan Gunung Jati Kabupaten Cirebon didepan Pengurus Gugus 4 Nyi Mas
Gandasari. Kiprah Guru sekarang benar – benar mempunyai kompetensi yang serius
dalam pembelajaran, plus Kepala sekolah juga sebagai guru, yang paradigma harus
lebih handal lagi dalam kompetensi kepemimpinannya sekaligus sebagai tenaga
pengajar.
Sebagai
sebuah institusi proses belajar mengajar, pendidikan sudah seharusnya
mengembangkan prosedur yang profesional. Hal ini dirasa penting, karena
tuntutan sekarang jauh lebih komplek, dibandingkan dengan tuntutan pada masa
lalu. Akibatnya, profesionalisasi guru adalah tuntutan yang wajib dilakukan
oleh masing-masing pelaksana institusi pendidikan.
Upaya
pengembangan standar kemampuan profesional guru memerlukan pemikiran yang
mendasar, sistematis dan sistemik, serta upaya yang konsisten dan
berkesinambungan. Hal ini dirasa perlu, karena pengembangan profesionalisasi
guru tidak bisa dilakukan secara instan atau dadakan. Melainkan perlu adanya
pelatihan bertahap yang melibatkan banyak ahli untuk memberikan ketrampilan dan
keahlian khusus di bidang kependidikan.
Kaitannya
dengan pengembangan program pendidikan nasional, profesionalisasi guru termasuk
bagian entitas yang tidak bisa dipisahkan dari proses pencerdasan bangsa.
Pembangunan Indonesia seutuhnya, sebagaimana yang dicita-citakan, sekarang
agaknya tertumpu pada kualitas SDM yang merupakan ciri khasnya. Sesuai dengan
sasaran jangka panjang bahwa terciptanya kualitas manusia dan masyarakat
Indonesia yang maju dan mandiri dalam suasana tenteram dan sejahtera lahir dan
batin, dalam tata kehidupan masyarakat, bangsa dan negara yang berdasarkan
Pancasila. Adapun dengan sendirinya menuntut keahlian guru yang bertugas
mendidik dan mengajar serta melatih manusia seutuhnya itu merupakan termasuk
filsafat dan pandangan Pancasila.
Sesuai
dengan dasar dan fungsi pendidikan nasional, kualitas SDM dan pendidikan
merupakan satu bagian integral yang utuh. SDM dan pendidikan adalah satu
entitas yang akan selalu berjalan secara berkesinambungan. Hanya saja,
persoalannya adalah sejauhmana proses pengembangan pendidikan tersebut dikelola
secara efektif dan efesien? Hal ini sangat urgent untuk kita dikaji kembali
guna menemukan sebuah alternatif baru serta solusi terbaik bagi pengembangan
pendidikan di masa depan.
|
PROFESIONALISME GURU dan TANTANGAN KE DEPAN
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
3 comments:
Kinerja guru, mulai dibenahi akan tugasnya, mau tidak mau guru harus lebih banyak meningkatkan kompetensi keguruannya, namun sementara jabatan kepala sekolah pada tiap lembaga pendidikan kurang merealisasikan tugasnya sebagai pemimpin yang dalam artian penguasaan teori kepemimpinnya masih rapuh , otomatis out put pun seperti ini Pendidikan di Indonesia.
Profesionalisme Guru sekarang sudah tidak diragukan lagi dengan adanya program pemerintah(Depdiknas)melalui PLPG(Pendidikan dan Latihan Profesi Guru)/Guru Bersertifikasi. Implementasi ke depannya butuh pengusungan dan pengawasan yang terintegrasi di antara sesama komponen pendidikan yang berkompeten agar mampu meraih hasil yang optimal sesuai tuntutan publik dan perkembangan zaman sesuai dengan paparan artikel yang saya komentari tersebut.Smg roh pendidikan di Indonesia tidak akan terlepas dari raganya. Aamiin.
Ia benar , kepemimpinan di kita rapuh, mungkin persoalan yang sedang dihadapi bangsa Indonesia krisis kepercayaan yang berujung krisis moral..gimana nih...?
Post a Comment