SELAMAT DATANG DI KOMUNITAS PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN KECAMATAN GUNUNG JATI KABUPATEN CIREBON

HALAL BI HALAL TRADISI YANG TERPROGRAM DAN DILESTARIKAN KELUARGA BESAR PGRI KEC. GUNUNG JATI SEBAGAI MOMENTUM UNTUK MENJALIN TALI SILATURAHIM


OLEH PRAKTISI PENDIDIKAN : BASTONI, S.Pd. 
SDN 2 MERTASINGA

Rabu, 28 Agustus 2013. Keluarga Besar PGRI Kec. Gunung Jati Kab. Cirebon Prov. Jawa Barat dalam kiprahnya menyelenggarakan momentum Halal bi Halal setiap tahun yang merupakan tradisi terprogram dan senantiasa dilestarikan oleh seluruh warga PGRI Kec. Gunung Jati Kab. Cirebon dari jenjang TK, SD/MI, SMP/MTs, SMK untuk menjalin tali silaturahim di antara warga PGRI Kec. Gunung Jati  sebagai aplikasi dari tuntasnya menjalankan ibadah puasa Romadhon selama sebulan penuh dan untuk menlajankan kinerja sebagai Guru abdi masyarakat, bangsa dan Negara ke depannya, sesuai tema JALIN SILATURAHMI dan TINGKATKAN SEMANGAT PROFESIONALISME GURU”.
Acara pembukaan dimulai dengan pembacaan Surat Al- Fatihah dan kalam Ilahi (QS. Ali Imron a. 102-103)
oleh Ustadz ISKA, S.Pd. dan saritilawah Dra. KARTINAH.
HALAL BI HALAL 2013
Dalam sambutannya Ketua PGRI yang diwakili oleh H. EMAN SULAIMAN, S.Pd. MM dikarenakan Ketua PGRI (TRI WALUYA, S.Pd.I.) sedang menghadiri rapat kedinasan di Bandung. Beliau mengatakan bahwa tradisi Halal bi Halal harus terus dilestarikan dalam program PGRI ke depan. Kegiatan ini terselengggara berkat kerja keras dan sungguh-sungguh panitia penyelenggara. Momentum ini dihadiri oleh Kepala UPT Pendidikan Kec. Gunung Jati Kab. Cirebon (Hj. Dra. SUPRIYATI, MM.) beserta jajarannya, Wakil Ketua PGRI beserta para anggotanya, Para Kepala Sekolah pada semua jenjang, Para Purnabhakti UPT Pendidikan Kec. Gunung Jati (HJ. TIEN SUTINI, S.Sos.,M.Pd. beserta jajarannya), MUSPIKA Kec. Gunung Jati beserta jajarannya, Para Panitia Penyelenggar Halal bi Halal dan seluruh warga PGRI Kec. Gunung Jati dari semua jenjang yang dimuliakan Allah SWT. Aamien.  
Inti kegiatan ini disampaikan oleh yang mulia KH. Drs. ABDURAKHMAN SIDIK dari Kota Cirebon. Kata
beliu bahwa kata halal berasal dari bahasa Arab yang atinya boleh. Jadi arti Halal bi Halal dalam bahasa Indonesianya adalah saling memaafkan. Sesuai dalam Al-Qur’an S. Annur a. 22 yang artinya “Dan janganlah orang-orang yang mempunyai kelebihan dan kelapangan di antara kamu bersumpah bahwa mereka (tidak) akan memberi bantuan kepada kamu kerabatnya, orang-orang yang miskin dan orang-orang yang hijrah pada jalan Allah. Dan hendaklah mereka memaafkan dan berlapang dada. Apakah kamu tidak ingin bahwa Allah mengampunimu? Dan Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang”.  Hal demikian hendaklah selalu kita laksanakan dalam menjalankan kehidupan sehari-hari agar kita dapat ampunan dari Allah SWT. Aamien yaa rabbal ‘alamien. Karena kita sebagai manusia bukan Tuhan, malaikat, setan/iblis, hewan dan tumbuhan yang selalu punya salah dan dosa. Inti dari ayat 22 itu adalah jika kita punya salah dan dosa hendaknya minta maaf terlebih dahulu kepada orang yang didzalimi baru Allah akan memaafkan orang yang mendzalimi tersebut.
Aplikasi dari kita menjalankan ibadah puasa sebulan penuh adalah mencapai ‘iedul fitri artinya kembali kepada fitrah (asal usul kejadian yang sebenarnya/kembali semula/suci tanpa noda dan dosa).
Sebagai acara puncak adalah doa penutup yang diucapkan
oleh KH. Drs. ABDURAKHMAN SIDIK, dilanjutkan saling bersalaman minal ‘aidzin wal faizin mohon maaf lahir dan bathin. Semoga segala aktivitas Keluarga Besar PGRI Kec. Gunung Jati Kab. Cirebon Prov. Jawa Barat senantiasa dalam curahan rahmat, berkah, maghfiroh, taufik, inayah dan hidayah dari ALLAH SWT. Istijab doa ana yaa Allah. Aamien.

No comments: