SELAMAT DATANG DI KOMUNITAS PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN KECAMATAN GUNUNG JATI KABUPATEN CIREBON

Pembelajaran PAUD AR-RAHMAN Tahun 2009/2010



A. Latar Belakang

Bangsa Indonesia pada akhir – akhir ini dihadapkan berbagai aspek kehidupan , baik dalam hal budaya, pendidikan , ekonomi, politik , perdagangan , teknolohi, lingkungan dan lainnya secara menyeluruh pada timgkat arus globalisasi yang sangat cepat. Arus globalisasi ini menunjukkan bahwa dalam perjalanan bangsa Indonesia telah terjadi perubahan dalam tingkat kecepatan yang harus dihadapi bukan dihindari dalam mempersiapkan Sumber Daya Manusia.
Berdasarkan data yang ada di Desa Sirnabaya Kecamatan Gunungjati Kabupaten Cirebon masih banyak terdapat warga masyarakat yang mempunyai anak pada usia 0 tahun sampai dengan 6 tahun membiarkan anak – anaknya berkembang apa adanya tanpa ada sentuhan pendidikan yang baik, hingga banyak anak – anak perkembangannya mengalami kendala, hambatan baik dalam segi kecerdasan maupun kesehatan. PKBM Sirkaya Desa Sirnabaya Kecamatan Gunungjati Kabupaten Cirebon MENYELENGGARAKAN RINTISAN Kelompok Bermain ( Kober ) pendidikan anak usia dini yang kami beri nama PAUD AR-RAHMAN.
Dalam hal ini mempunyai peran yang penting dalam mempersiapkan sumber daya manusia yang berkualitas sejak dini. Mengingat pada usia tersebut merupakan usia yang sangat menentukan bagi pertumbuhan dan perkembangan anak selanjutnya.

B. Tujuan
Tujuan kami relaisasi bantuan Penyelenggaraan Rintisan Kelompok Bemain Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Ar- Rahman ini adalah diharapkan agar warga masyarakat Desa Sirnabaya Kecamatan Gunung Jati yang usia nol tahun sampai dengan enam tahun dalam status social ekonomi sangat kurang mampu, dapat :
1. Memiliki kesempatan yang lebih untuk memperoleh kesempatan belajar sejak usia dini.
2. Memberikan sarana bermain yang bermuatan pendidikan bagi anak usia dini.
3. Memperkuat kemampuan keluarga dalam merangsang perkembangan kemampuan anak.
4. Membantu warga yang sebagian besar adalah warga masyarakat kurang mampu.
5. mengkondisikan anak agar mencapai kesiapan masuk sekolah.







SASARAN PROGRAM, WAKTU, TEMPAT

Dalam penyelenggaraan program Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) ini banyak dukungan dari pihak desa baik aparat desa / kuwu , tim penggerak PKK desa , ini terbukti dengan keikutsertaan Kertua Tim Penggerak PKK Desa dan Ibu – Ibu PKK, juga ibu – ibu Pasyandu.
Untuk merekrut tenaga tutor kami berkoordinasi dengan Aparat Desa / Kuwu dan Alim Ulama serta Tim Penggerak PKK Desa. Sehingga tidak menemui kesulitan karena sudah ada tenaga pengajar yang sudah berpengalaman mengajar di Pendidikan Anak Usia Dinidan telah dipercaya oleh warga masyarakat untuk mengajar Pendidikan Anak Usia Dini.

A. Sasaran Program

1. Sasaran yang Ingin Dicapai

Sasaran yang ingin dicapai dalam pengajuan Proposal Penyelenggaraan Rintisan Kelompok Bermain ( Kober ) Pendidikan Anaka Usia Dini Ar-Rahman, adalah :
1. Anak Usia 0 sampai dengan 6 tahun ( sampai sebelum masuk SD/TK ).
2. Oranag tua / Pengasuh Anak
3. Bagi anak yang kurang mampu ekonomi.
4. Bagi anak yang terlalu sibuk orang tuanya dari perhatian pendidikan anak-anaknya.

B. Waktu Pembelajaran
Kegiatan yang dilaksanakan oleh Program Pendidikan Rintisan Kelompok Bermain Anak Usia Dini Ar-Rahman Tahun Pelajaran 2008/2009 di Desa Sirnabaya Kecamatan Gunung Jati Kabupaten Cirebon dalam bentuk rintisan Kelompok Bermain selama 6 (lima ) hari mulai hari : Senin, Selasa, Rabu, Kamis, Jum’at, Sabtu .

C. Tempat Pembelajaran
Kegiatan yang dilaksanakan oleh Program Rintisan Kelompok Bermain ( Kober) Pendidikan Anak Usia Dini Ar-Rahman pada Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat ( PKBM ) Sirkaya di Desa Sirnabaya Kecamatan Gunung Jati Kabupaten Cirebon .

1 comment:

MONOKROM said...

It's a good program....I'm so happy there are more and more people taking serious concern on early children education. It will be good and very much advantageous for Indonesian generation, especially for the future of this nation. Hope they will increase significantly in a quite short period hence our nation will be able to close the educational gap between domestic and international level....keep on moving!