SELAMAT DATANG DI KOMUNITAS PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN KECAMATAN GUNUNG JATI KABUPATEN CIREBON

Geliatnya Forum Pengawas TK/SD dalam Pembinaan Silang


Forum Pengawas TK/SD pada Jajaran Diknas Pendidikan Kabupaten Cirebon mulai menggeliat akan perannya sebagai Pembina pada guru yang professional . Realisasi ini makin nyata pada semester ke II (dua) di tahun Pelajaran 2009 / 2010 mulai mengevaluasi secara menyeluruh akan realita yang ada ditingkat lapangan , dengan mengumpulkan semua data yang nyata dengan ingin menvaliditasi sampai sejauh mana peran Kepala Sekolah dalam memotivasikan guru sebagai baris depan untuk mencerdaskan anak bangsa. Di sisi lain rasa peningkatan tugas sebagai pengawas yang sudah disertifikasi sebagai tenaga professional dihadapkan pada suatu konswekuensi tanggung jawab.

Namun terasa pengawas dilapangan masih perlu dipacu lagi , pengetahuan akan  tugasnya sebagai Pembina bukan sebagai inspeksi , konsep tersebut memang terasa muncul dalam pengamatan langsung pada kinerja kepela sekolah yang berimbas pada kualitas guru dalam mengajar .

Mungkin perlu diarahkan bagi semua system lembaga di tingkat Sekolah Dasar akan keberadaan Kelompok Kerja Guru ( KKG ) pada tingkat gugus bukan tingkat kecamatan , bahwa KKG bukan membuang – buang program yang tidak mempunyai manfaat  pada tingkat keberhasilan tiap lembaga .Karena kurangnya sebuah pembekalan pengawas pada kepala sekolah , hingga kepala sekolah perbalisme penafsiran akan keberadaan gugus  Kelompok Kerja Guru (KKG )..

Semoga pengamatan Silang antar kecamatan oleh Pengawas TK/SD di jajaran UPT Pendidikan Kabupaten Cirebon, bukan hanya karena tuntutan perolehan sertifikasi Pengawas , namun merupakan program pembinaan menuju guru yang professional termasuk guru yang merangkap jabatan kepala sekolah . Duuuuusss…peningkatan professional pengawas itu sendiri.

No comments: